IDUL FITRI

Jl. Pamugaran No.145 Pantai Barat,
Pangandaran Jawa Barat

+62 265 630 720
grandmutiara2@gmail.com

OLEH-OLEH KHAS PANGANDARAN 

Tidak lengkap wisata anda jika pulang dengan tangan hampa, bawalah oleh-oleh sebagai kenag-kenagan atau sekedar untuk dinikmati bersama dengan keluarga, teman, tetangga, relasi, atasan, bawahan atau pacar kekasih anda. Inilah di antaranya oleh-oleh yang menjadi ciri khas Pangandaran selama ini:

1. Ikan Jambal Roti

Ikan Jambal roti Pangandaran oleh-oleh ciri khas pangandaran
Berbicara tentang pantai identik dengan laut, dan laut sangat identik dengan ikan. Nah demikian pula dengan Pantai Pangandaran banyak sekali beragam ikan yang dihasilkan di pantai Pangandaran Jawa Barat ini. Yang paling khas dari sekian hasil tangkapan para nelayan Pangandaran ini adalah ikan Jambalrotinya. Menurut para wisatawan yang datang ke Pangandaran, ikan Jambalroti Pangandaran rasanya jauh lebih enak, lebih gurih, lebih empuk dan kata mereka setelah dimasak selain dagingnya yang tidak lengket (kata orang Pangandaran: bear dan ngeprul) serta wanginya yang khas dan membangkitkan selera napsu makan. Apalagi bagi penggemar petai ikan Jambalroti ini sangat cocok berteman dengan petai saat berpadu di mulut kita.

2. Petai (buah Petai)

Buah petai oleh-oleh pangandaran yang banyak disukai orang
Saat anda berwisata ke Pangandaran dan kebetulan lagi musim panen petai, di Pangandaran akan banyak kita jumpai petai di mana-mana. Selain harganya yang murah petai Pangandaran mempunyai rasa yang sangat khas seperti ada manis-manisnya begitu dan baunya tidak terlalu menyengat. Pokoknya bagi penghobi petai sayang kalau tidak mencobanya.

3. Gula Merah

Gula merah oleh-oleh khas Pangandaran yang banyak dicari orang
Gula Merah (Palm Sugar) atau sering disebut gula jawa dibuat dari bahan dasar nira. Nira adalah cairan yang diperoleh dari bunga tumbuh-tumbuhan tertentu, biasanya tumbuhan yang tergolong keluarga palm seperti kelapa

Gula merah asli pangandaran tanpa bahan tambahan lainnya, sangat cocok untuk membuat makanan dan minuman

4. Ikan Teri
Ikan Teri, 10 oleh-oleh pangandaran yang banyak diburu orang
Teri Belah Super  juga sangat bergizi dan mempunyai protein yang tinggi, jenis ikan asin ini diproses dengan cara alami, profesional, higenis. Dikemas dengan cara yang berbeda sehingga tidak menimbulkan bau saat dibawa dalam kendaraan.

5. Opak Mini
Opak Mini Jajanan  oleh oleh khas Pangandaran
Opak Mini ini ukurannya berbeda dengan opak-opak lainnya, lebih kecil ukurannya, lebih renyah dibandingkan dengan opak-opak yang ada di daerah lain. Opak Mini ini bila dicicipi rasanya itu berasa krenyes-krenyes dan renyah, tentu akan membuat wisatawan ketagihan untuk mencoba kelezatan Opak khas Pangandaran ini.

6. Noga Kelapa

Noga kelapa oleh-oleh Pangandaran yang khas
Noga Kelapa Aroma jahe merupakan cemilan khas Pangandaran yang tentunya memiliki cita rasa khas Pangandaran,terbuat dari  kelapa yang di parut kasar dan di campur dengan jahe serta di tambah sedikit gula agar rasanya terasa lebih manis dan legit.

7. Noga Suuk (Noga Kacang Tanah)

Noga Suuk oleh-oleh sepecisal Pangandaran yang menarik
Selain noga kelapa oleh-oleh khas Pangandaran ada juga noga kacang. Noga ini terbuat dari kacang tanah (kacang Suuk) yang telah di goreng terlebih dahulu kemudian dicampurkan ke dalam adonan gula atau bahan gula. Noga Suuk ini selain cocok untuk cemilan juga sangat pas untuk membuat samabal Kacang.

8. Udang Kering Goreng

Udang rebon Pangandaran, ciri khas oleh-oleh pangandaran yang enak
Udang Rebon Kering Khas Pangandaran diolah dengan cita rasa khas Pangandaran 100% udang rebon tanpa pengawet tanpa pewarna. Kelebihannya dari udang daerah lain yaitu memiki rasa yang gurih dan renyah.

9. Keripik Cau (Keripik Pisang)

Keripik Cau atau keripik pisang oleh-oleh favorit dari Pangandaran
Keripik cau adalah makanan ringan yang terbuat dari pisang yang di proses dengan teliti dan disukai oleh berbagai masyarakat. Namun keripik pisang kepok khas Pangandaran diolah dengan cita rasa khas Pangandaran sehingga rasanya tidak akan sama dengan keripik-keripik dari daerah lain, yang pastinya memiliki kecirikhasan dari Pangandaran.

10. Selai Pisang Pangandaran

Selai Pisang oleh-oleh khas Pangandaran
Pisang sale gulung atau Sale Roll terbuat dari pisang rajasiyem yang dijemur hingga kering. Lalu dikupas tipis dan digulung dengan tepung. Bentuknya sebesar ibu jari tangan orang dewasa, dengan panjang 8 cm. Warnanya kuning kecoklat-coklatan. Rasanya manis dan renyah tanpa bahan pengawet kimia dan halal tentunya.

 

Selamat Mencoba